Selasa, 23 November 2010

Kesedihan sumber Bahaya

Kenapa kita tidak boleh bersedih? bukan nya sedih itu biasa ? sedih itu manusiawi ? apakah itu bahaya kesedihan ? disini saya akan mencoba memberi tahu mengapa rasa kesedihan itu bisa mendatangkan bahaya bagi kita .


Depresi bisa diakibatkan karena kita mengalami kesedihan yang mendalam akan materi. Robert E. Lane menyatakan, "...untuk dapat dikatakan depresi, anda harus memilki paling tidak empat gejala di bawah ini, paling tidak berlangsung selama 2 minggu :

  •  Selera makan hilang atau turun berat badan
  • susah tidur (insomnia) dan hipertensi
  • gerakan yang melambat
  • kehilangan minat dan semangat pada kegiatan yang biasa dilakukan
  • kehilangan tenaga , kelelahan
  • merasa tidak berharga, merasa bersalah yang berlebihan
  • menggerutu atau menunjukkan hilangnya kemampuan berpikir sehingga sulit mengambil keputusan
  • selalu muncul pikiran tentang kematian ,bunuh diri atau ingin segera mati.


firman Allah dalam Q.S  Al-Zukhruf : 68:: "hai hamba-hambaku, tiada kekhawatiran terhadapmu pada hari ini, dan tada pulalah kamu bersedih ".

Q.S. Al_Hijr: 88 :: "Dan janganlah apa yang menimpa mereka membuat kamu bersedih hati"


                 Daniel Goleman menulis , " pada sebagian negara kaya memungkinkan orang yang lahir pada tahun 1955 untuk menderita depresi besar-bukan hanya kesedihan,tetapi kehilangan semangat,kesepian yangmelumpuhkan, kehilangan harga diri, ditambah perasaan yang tidak berdaya yang sangat luar biasa-pada 1 titik kehidupan yang lebih besar 3 kali dari generasi sebelum mereka.". Sikap sedih akan memadamkan bara harapan, mematikan ruh-ruh jiwa, cita-cita, dan mebekukan semngat jiwa. kesedihan tak ubahnya seperti demam yang melumpuhkan kehidupan umat Islam/ kesedihan bahkan seperti barikade yang tidak mudah untuk dilalui dan dihalangi setiap pergerakan menuju kebahagiaan. Untuk itu, sudah menjadi keharusan bagi kita untuk mendatangkan kebahagiaan dan menciptakan kehidupan yangmelapangkan dada. Kita harus memohon kehidupan yang lebih baik, bukan yang lebih buruk. Seoran ulama pernah menyatakan " sesungguhnya dunia ini terdpat surga. Barangsiapa yang belum memasukinya, ia belum dapat memasuki surga di Akhirat.". Oleh karena itu seorang muslim diperintahkan untuk mengusir  kesedihan, membuang jauh-jauh rasa menyerah, menolak dan melawan semua rasa kesedihan apapun.

semoga artikel ini bermanfaat.

source: buku La Tahzan for teens, menjadi remaja bebas stress dan selalu happy.

5 komentar: