Minggu, 25 April 2010

Adab buang air besar

Jika kita ingin buang air tentunya tidak bisa sembarangan.dalam buang air tentu ada tata cara atau adab yang mesti kita lakukan, karena buang air itu sama saja dengan membuang sebagian hadas yang ada di dalam tubuh kita.

Adab dalam buang air yaitu :
  •     Apabila seseorang buang air hendaknya ia menjauhkan diri dari khalayak orang banyak atau di tempat yang tersembunyi.   
  • Ia tidak boleh membuka auratnya sebelum tiba di tempat jongkokan untuk buang air   Dalam melakukan itu, ia tidak boleh menghadap matahari dan bulan serta di larang menghadap dan membelakangi kiblat.hal tersebut berlaku khususnya di temat umum .bila di daerah yang tertutu maka hal tersebut di perbolehkan   
  • Kita harus menghindarkan diri untuk buang ar besar di tempat yang sering digunakan untuk berbicara.   Tidak buang air kecil di bawah pohon yang sedang berbuah dan di dalam lubang2.    
  • Hendaknya tidak membuang air kecil di benda2 yang keras dan tidak ke arah datangnya hembusan angin.  
  • Dalam jongkok ketika buang air besar, hendaknya bertumpu ada kaki kiri, dan jika berhajat dalam kakus hendaknya mendahulukan kaki kiri waktu masuk dan kaki kanan ketika keluar.   
  • Hendaknya ia menyediakan batu untuk istinja sebelum buang hajat dan jangan membersihkan tempat keluarnya hajat besar dengan air sekali saja.



Telah berkata Salman Ra, "kami di ajar oleh rasulullah saw semua perkara, termasuk bersuci dari hadas. Kami dilarang beristinja dengan tulang dan kotoran hewan.kami juga dilarang mengarah kiblat ketika buang air besar dan kecil !!"


Semoga artikel ini berguna bagi kalian semua yang membaca…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar