Minggu, 25 April 2010

Keutamaan shalat wajib








Masih adakah orang yang meninggalkan shalat wajibnya ? apakah keutaman dari shalat wajib ? allah berfirman dalam kitabnya, “ shalat di wajibkan atas orang-orang mukmin pada waktu yang telah ditentukan”. Sabda Rasulullah Saw, “ allah mewajibkan bagi hamba-hamba nya shalat 5 kali sehari semalam.jika seseorang mengerjakan shalat wajib 5 klai sehari semalam dan tidak meninggalkan hal-hal yang diwajibkan atasnya maka allah berjanji bahwa Dia akan memasukkanya ke dalam surga. Apabila seseorang tidak mengerjakanya, tidak ada janji allah baginya. Dia dapat menyiksanya atau memasukkanya ke dalam surga.

Nabi Saw bersabda, “shalat 5 kali sehari semalam ibarat sungai yang air nya kotor mengalir di samping rumah seseorang.dia mandi  5 kali sehari semalam di sungai itu apakah kalian akan menemukan kotoran di tubuhnya ?” mereka menjawab “sebagaimana air membersihkan kotoran , demikian pula shalat wajib,ia membersihkan dosa.” Dalam hadist nya yang lain Rasulullah bersabda “shalat adalah tiang agama. Dia yang meninggalkan shalat berarti meninggalkan agama”.


Suatu kali nabi ditanya. “ amal apakah yang paling utama ?”, beliau menjawab “shalat pada waktunya.” Kemuduan nabi bersabda, “ apabila seseorang menjaga shalatnya  kali sehari dengan thaharah(bersuci ) yang sempurna dan pada waktunya, niscaya ini akan menjadi cahaya baginya pada hari kebangkitan.barangsiapa merusak shalat maka,niscaya dia akan bangit bersama fir’aun dan haman”.


Rasulullah bersabda lagi, “ allah tidak menetakan kewajiban pada hambanya setelah tauhid dan shalat. Seandainya ada sesuatu yang lebih baik pada dirinya , dia akan menetapkan itu bagi para malaikatnya. Mereka mengambil dari-Nya bagian-bagian shalat. Sebagian ruku’, sebagian sujud sebagian berdiri,dan sebagian duduk.” Rasulullah mengatakan barangsiapa yang meninggalkan shalat dengan sengaja maka orang tersebut termasuk orang kafir.dengan kata lain , orang tsb disamakan dengan murtad karena ikatan agamanya terleas dan tiangnya runtuh ersis seeri seseorang tiba di sebuah kampong lalu di katakanya bahwa ia telah sampai dan telah memasukinya. Rasulullah berkata  jiak meninggalkan shalat engan sengaja maka perjanjianya  dengan Muhammad terleas atau kata lain murtad. Naudzubillahminzalik, jangan samai kita termasul ke dalam golongan2 tsb.



Semoga artikel ini bisa bernafaat bagi kita semua.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar